Diproteksi: Isi cerita Novel Mahasiswa Power Point.kisah nyata dari pengalaman seorang mahasiswa yang mencari Ilmu yang sesungguhnya. Poros bumi terus berjalan pada porosnya tanpa berhenti mengitari yang ada disekelilingnya, tidak lain hanyalah untuk mempertahankan aktivitas didalam krak perut bumi. Yang tercipta dari berabad-abad lamanya. Waktu detik melahirkan menit dari menit melahirkan jam dari jam melahirkan hari dari hari melahirkan bulan dari bulan melahirkan tahun dan dari tahun melahirkan abad hingga akhirnya melahirkan peradaban manisua. waktu selama berabad-abad dibungkus dengan tongkat sejarah, dengan satu tongkat sejarah melahirkan suku, budaya hasil dari peradaban sang insan. Namun tak sedikit manusia memanfaatkan waktunya untuk memanusiakan manusia Libur Kulliah, seperti biasanya walaupun jadwalnya libur kulliah. namun jadwal lain menunggunya sehingga jadwal dihari libur tidak ada baginya. waktu 24 jam memeluk dirinya merengguk nadinya, merengguk jantungnya hingga hempusan nafasnya masih bisa menghempaskan kerongga hidungnya. Begitupun dengan dia sangat menikmati pelukkan waktu yang memeluknya. dihatinya yang suci terpancar keikhlasan dalam mengarungi kesibukanya yang membautnya ia lupa dengan kata libur . tak pernah sesekali ia meraskan bersantai- santai dengan teman-teman yang lainnya, yang ada hanyalah aktivitas. Pernah sesekali ia diajak oleh temanya untuk menikmati hari liburnya. Baginya aktivitas semacam itu bisa membahayakan masa separoh hidupnya untuk kehidupanya akan mendatang nanti. Perbuatan menyia-nyikan waktu dgn aktivitas seperti itu hanya kesenangan sesaat dan akibat buruknya lebih menyiksa dirinya. Itulah pandangan manusia sibuk ini. Entalah apa yang membuat manusia sibuk ini memiliki pandangan sedemikian rupa Suatu pandangan yang bertentangan dengan aktivitas liburan bagi manusia lainya yang memiliki arti penting liburan. Yang bagi manusia lainya mungkin. Entalah faktor apa yang membuat sehingga ia tidak mau mengisihkan titah tulisan tentang pengalaman liburan dalam sejarah hidupnya?hanya dia yang tahu dan pengalamanya. libur, toch Urgensi waktu sebenarnya dalam pedoman Hidup Manusia kita dianjurkan untuk memanfaatkan waktu dalam surah Al ‘Ashr “ Demi masa, sesungguhnya Manusia itu benar – benar dalam kerugian. diatas langit angkasa hari ini, awan mulai lalu lalang menampakkan kesibukannya mengumpulkan gumpulan-gumpalan hujan untuk membasahi bumi memberikan kesegaran bagi penduduknya dan tanaman-tanaman yang ada dimuka bumi ini, cari tentang ayat al-qur’an. Maka bagi manusia sibuk ini, ia mulai mengisi alam raya ini dengan aktivitas Seluruh pikiran jadwal hari ini mengantar ade hafizah ke sekolah TK, suasana dipagi hari ini begitu cerah akibat pantulkan dari langit yang memulai memancarkan sinarnya dipagi hari menemani langkahku untuk memenuhui tugasku, yaitu mengantar fiza kesekolah tk. Disebrang jalanan sana tampak Anak-anakpun mulai berjejeran disepanjang jalanan menuju gerbang sekolah dengan Tk pakai rapi sebagian ada juga anak anak diantar oleh orangtuanya. Dari lingkungan TK mengingatkan’ku masa silam lalu, banyak kenangan sewaktu masa kecil, tak terasa pikiran ini diipnotis dengan suasana Lingkungan Tk. Memutar Alam sadarpun hilang, memulai memutar memori pada masa Tk dulu, akupun terhanyut dalam lamuan . “ Usia 5 tahun, Usia yang Sudah memasuki untuk bergelut dengan seragam hijau putih atau seragam taman kanak–kanak . Suasana pagi hari ini terasa sejuk diiringi dengan suara dipagi hari entah dari mana asalnya suara itu aku tidak mengamtinya larut dalam kenikmatan suaranya yang dengan kesejukannya yang dipancarkan membuat badan ini memaksa untuk menikmati suasana ini. Aku mencoba membuka mata ku secara perlahan-lahan, dengan pandangan kabut sedikit, kulihat gantungan baju seragam yang terpampang didinding kamar, tidak ada pemandangan lain kulihat selain gambaran anak-anak yang pakai baju tk dengan gandengan tas dan gantungan baju yang terpasang seragam baju Tk. Larut dalam pandangan yanga ada dikamar, Tak Terasa Jarum jam dinding sudah menunjukkan Pukul 6.00 pagi, yang menunjukkan seragam hijau putih, pintu kamarpun berbunyi Pertanda perempuan Hipobia Sudah ada untuk membangungkan semangat jiwa dan Raga, “ bangun- bangun ayo bangun waktunya untuk sekolah” ayo-ayo bangun. Dengan Nada manja “ mama ih masih mau tidur ade masih gantuk. “ibu “ ih ini sudah jam setengah 7, ayo bangun mandi, kalau habis mandi rasa ngantuknya sudah hilang dan badan terasa segar, nanti kesiangan lho bisa terlambat inikan hari pertama masuk sekolah, dengan sikap hipobianya. akupun beranjak dari tempat tidur, sambil melangkahkan kaki menuju kamar mandi, ibupun menyalakan kran air, dengan pancaran air dari kran memberikan energi tersendiri dipagi hari. “ah segar habis mandi” Sahut ibu “apa mama bilang khan”. Sambil memegang handuk mengeringkan rambut’ku. Nih… baju Tknya, akupun memakainya sambil bercermin dan berkata “ mama aku cantikkan mirip pramugari. Mama mirip Pramugari coba lihat ingusnya masih ada, beda sama pramugari pesawat garuda. Sambil mengikat Rambut’ku dengan ikatan rambut kuda, dengan bujukan nyanyian “ ada anak –anak baru masuk TK, siapa Namanya? Kelas berapa? Mana tempat tinggalnya? , aku hanya termenung mendengarkan lagunya. Mama ” sudah rapi saatnya berangkat” mamapun memgang tangan ku dan mengantarkan kepintu rumah sambil memegang tas. Tiba –tiba wasti datang dan mengagetkan aku, Sambil memukul pundakku dari belakang “ hei jangan melamun masih pagi. Akupun kaget sambil memukul balik ke wasti dan berkata kagetin aja nich. Wasti “ yech lagian kamu melamin sich jadi aku kagetin supaya kamu terbangun dari lamunganmu. Yech emanya melamun bisa tidur akupun memberikan umpan. Wanti “Lamungin apaan sich serius amat” Ngak aku teripnotis dari lingkungan disini Teripnotis……….. bingun sambil garut kepala? Akupun menjelaskannya “ iya teringat dulu waktu Tk, akupun menceritakan pengalamanku waktu Tk dari lamuanku tadi. Wasti “ pantesan aja kamu tadi diam dipangil-pangil ngak nyahut, ternyata ngalamun sambil ngeledek aku. Wastipun memberikan komentar dari jawabanku hingga akhirnya diapun teripnotis mulailah dia bercerita “iya masa Tk atau masa kanak – kanak adalah awal coretan coretan kehidupan dimana kita bebas mengisinya dengan pendidikan, permainan anak anak teringat ketika bermain lompat – lompatan dengan teman-teman tanpa ada beban dari guru, lari – lari dan bernyani bagaikan hidup terbang melayang diangkasa tanpa ada beban kehidupan, itulah masa kanak – kanak. Hidup dengan penuaian manjaan yang setiap harinya dibangkungkan dari tempat tidur dengan seorang wanita yang berhati lembut yang dibaluti dengan keikhlasan sehingga menambah daya magnet yang mengikat hati agar tidak terpisah denganya. Sulit rasanya untuk membuka mata ini, ingin rasanya berada didampingnya, namun sang ibu terus memaksaku untuk bangun dari tempat tidur, aku tidak tau mengapa ibu terus memaksa’ku untuk bangun dari tempat tidur, adakah maksud tersendiri, padahal bagi’ku tidur dikasur yang empuk dipagi hari adalah kenyamanan bagi’ku. Kenyamanan yang kurasakan, tidak berlanjut tak kala sang ibu membangunkanku dari tempat tidur sambil berkata ayyohoo – ayyohoo bagun – bagun kraot – kraot buaya datang mengigitmu kraot … kraot, akupun lansung berdiri bergegas dari tempat tidur dengan kecepatan kilat setelah mendengar kata buaya, yach buaya, binatang yang aku paling takuti. Ibu- ibu…… aku takut sambil melompati ibu dan memeluknya. “ibu” ngak buayanya tidak ada. Ibu Cuma takutin kamu supaya kamu bangun, kan sebentar lagi sudah masuk Tk. Aku “ah…… ibu. Ada – ada saja cara yang digunakan oleh seorang ibu untuk membangunkan anaknya. Wastipun Melanjutkan memori pada masa kanak-kanaknya, aku tidak memberikan komentar kubiarkan dia untuk bercerita tantang sosok seorang ibu. Akupun hanyut dalam komenternya westi, dan kembali memukul pundak westi agar dia bangun dari lamuannya sebagaimana westi juga membangunganku dari lamuan ku tadi. Dengan Komentar, iya Wes begitu tinggi jasa seorang ibu, Westi “ Oleh sebab Itu Surga ada ditelapak Kaki ibu. Aku dan westi mulai meninggalkan lamuan memori masing-masing pada sekolah taman kanak- kanak dulu. Percakapan terus berlanjut mengenai peran seorang ibu, tak kala ditaman kanak- kanak itu nampak seorang ibu yang bervariasi aktivitasnya Aku dan westi terus mengamati disekitar lingkungan taman kanak- kanak. Masing – masing dari kami menjelaskan apa yang kita lihat. Westi mulai menjelaskan apa yang ia lihat, sambil menyuruhku untuk melihat disudut taman. “ Fira coba lihat Disudut taman sana, tampak seorang wanita melambaikan tanganya kepada anaknya dengan tatapan yang tergambarkan dimatanya harapan besar kepada anaknya kelak. Disudut taman Lain tampak seorang wanita duduk diteras ruangan tunggu dengan membawa bungkusan Nasi dan air minum yang ditentengnya dari jam 7 pagi sampai jam 10 inipun masih ditengtenya tanpa bosan menunggu tak mengenal dari jam berapa dia menunggu yang dipikiranya bisa ketemu dengan anaknya, loncengpun berbunyi pertanda san anak telah keluar dari rungan belajar, dengan penuh semangat bergegas berdiri untuk menemui anaknya. Mama… mama… sayang anak mama sudah selesai belajar? “iya ma” sudah selesai, aduh bajunya sudah basah nich “ sini mama ganti bajunya yach” iya ma panas nich, sang mamapun menggati bajunya. Disudut taman kanak –kanakpun terlihat wanita yang sedang berdiri mengankat lehernya dengan penuh perhatian, kucoba kudekati sambil memberikan pertanyaan, ibu –ibu ada apa bu ko kelihatanya khawatir sekali? “ iya itu sana anak saya sedang bermain lari-lari bersama denga teman temanya ibu takut nanti kesambret sama temanya, kan bisa jatuh ibu khawatir, “ Oh begitu yach bu ngak apa –apa ko bu kan sedang bermain sama teman-temanya lagian juga ada gurunya disana yang jaga “ngak ibu khawir walaupun ada penjaganya jantung ibu masih bergetar – getar tidak tenang. Disudut taman-taman kanak-kanak lagi kutemukan sosok wanita yang sedang berdiri didepan pagar yang kehujanan sambil memegang daun pisang yang kebahasan, ibu ibu lagi ngapain keluyupan basah begini ayo bertedu disana dulu bu ini kan hujan, san ibupun menjawab tidak ibu disini saja kalau ibu bertedu disana anak saya tidak melihat ibu ayo bertedu disana dulu bu ini kan hujan, san ibupun menjawab tidak ibu disini saja kalau ibu bertedu disana anak saya tidak melihat ibu ayo bertedu disana dulu bu ini kan hujan, san ibupun menjawab tidak ibu disini saja kalau ibu bertedu disana anak saya tidak melihat ibu Setiap hari sang wanita ini mengulangi aktivitasnya, sampai anaknya memahami dirinya. Apa yang diingin san wanita ini sampai rela melakukan Akankah terjawab usahanya dengan kebahagian Akankah sang anak kelak Masih mau ditambah Memori di SD Penghujung tahun 2002 moment wisuda TK, Setelah melewati pendidikan Permainan Taman kanak-kanak yang tidak terulang lagi dikehidupan’ku. Dan awal tahun 2003, adalah langkah awal masuk sekolah dasar, Seragam hijau putih atau seragam Baju Tk Sudah lepas dariku, kini berganti dengan seragam Putih Merah yach…… baju seragam sekolah Dasar. Ini kisah’ku. Jam 7.00 menunjukkan waktu keberangkatan sekolah, kali ini aku tidak dibangunkan oleh ibu karna dari Tk aku sudah mendapatkan Pendidikan Belajar bangun pagi, seperti kata pepatah ala bisa karna biasa. Hari senin, semua serba baru mulai dari seragam baju sekolah’ku sampai perlengkapan sekolah’ku semua serba baru. Dimana hari pertam masuk sekolah dasar yang terletak didekat rumah’ku yang hanya 3 rumah kulewati kemudian sampai kesekolah. Hari senin yang cerah secercah sinaran matahari dipagi hari memberikan semangat bagi’ku, mulai ku langkahkan kaki’ku untuk keluar Rumah, tapi sebelum itu aku pamitan dulu kepada orang tua’ku. Suasana Diruangan meja makan, mulai beraktivitas sarapan pagi, tertera roti dan beserta seleinya, kulihat kakek’ku sedang membaca pedoman hidupnya dipagi hari setiap paginya surah yang sering dibaca yaitu surah yasin lantunan demi ayat mulai dibacanya alat penunjuk bacanyya mulai melewati baris demi baris ayatnya, aku menunngu sampai penunjuk bacaanya berhenti pada akhir ayat surat yasin dan ditutup dengan Lafaz dzadakallahuazim lafaz ini sering di dilafadzjan ketika ingin berhenti membaca pedoman hidupnya aku menikamti bacaanya. Pesan nene buat aku. Belajar yang serius yach nak, jangan terlalu banyak main disekolah Belajar membaca. Iqra bacalah. baru kemudian aku pamitan kesekolah kutemui nen Pamitan akupun disambut dengan baik dengan memberikan komentar Memori di SMP MEMORI DI SMA. Bagian II. Masuk SD, Menempuh Pendidikan Dari TK Sampai SMA Akhirnya kini kita Lagi Harus melewati Yang Namanya Kulliah, Yach Kulliah mungkin kita sering mendengarkan kata itu, Kulliah bukan hal yang mudah karna begitu banyak biaya yang harus dikeluarkan tenaga, waktu dan pikiran , mungkin bagi mahasiswa baru terasa lama tapi bagi mahasiswa yang sudah mau selesai bagaikan satu hari dalam kulliah yach itulah proses jika kita mampu bersabar dan ikhlas serasa masuk hari pertama yang harus dijalani selama empat tahun , untung 2 selesai dalam empat tahun bahkan ada yang sampai lima tahun sampai – sampai di AD , Mendengar kata Kulliah Apa sebenarnya yang terbayang dikepala kita apakah kulliah itu hanya sekedar gaya – gayaan dikampus, dengan bangga memakai Almamaternya atau mugkin sebagaian diantara kita hanya ingin mendapatkan ijasah atau nilai, kalau niat kita hanya ingin mendapatkan ijazah maka hasil dalam kulliah kita nihil begitupula dengan jika niat kita kulliah hanya ingin mendapatkan nilai maka hasilnyapun nihil Hal yang harus kita ketahauih dalam kulliah adalah Apa sich sebenarnya arti kulliah itu ,kita harus mengetahui arti kulliah itu supaya kita tau arah tujuan kita dalam menuntut ilmu. Namun dalam kuliah sering kali kita melihat teman teman tidak selesai studinya ada yang semester dua tiga bahkan sudah diujung akhir pendidikanya namun tidak selesai Cari dikamus arti kulliah Kondisi sekarang ini mahasiswa sangat miris dimana kita lihat batasan – batasan antara laki laki dan perempuan tidak ada lagi batasnya Belum nikah sudah ada yang hamil, Kos –kosan bagaikan tempat hiburan padahal sebenarnya jika kita ingin memanfaatkan sebagai siklus memperoleh ilmu maka kita bisa menjadi orang besar, Lalu siapa yang bertanggung jawab atas semua ini apakah orang tua kita atau dosen kita , yang jelas apa yang kita lakukan hari akan mempunyai dampak untuk dihari kedepangnya jika kita menanam ilmu selama kita kulliah maka hasilnya adalah kita menjadi pribadi yang intelektual maka itulah hakekat mahasiswa yang harus diraih, 3 tempat yang dijadikan siklus pembelajaran Ruangan kelas ruangan kelas dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas kita tidak pernah terlepas yang namanya ruangan kelas ,ruangan kelas sd sampai sma jika SD,SMP dan SMA kita harus diingatkan dengan lonceng untuk masuk diruangan maka pada saat kita kulliah tidak ada lagi lonceng yang mengharuskan kita untuk masuk pada ruangan kelas,hanya kesadaran yang mengikatkan kita agar kita bisa melangkahkan kaki kita keruangan maka lonceng kita adalah kesadaran kita , berbeda dengan ruangan kulliah dimana dalam rungan kelas kita lebih harus Aktif berbicara untuk mempersentasekan makalah kita dan berdiskusi jika pada sma kita ada guru bk yang mengatur kita,maka dlam kullliah kita tidak menemukanya lagi karna 99% tanggung jawab ada pada diri kita. tapi banyak juga yang tidak aktif dalam diskusi entah grogi atau tidak mempunyai dasar dalam berbicara Perpustakaan Hal yang wajib kita kunjungi ketika ada dikampus yaitu perpustakan karna perpustakaan adalah janin tempat bertumbuhnya Ilmu, jangan pernah lewatkan waktu untuk masuk diperpustakaan walaupun Cuma sebentar pasti ada ilmu yang tersangkut ibarat masuk dibioskop walaupun Cuma sebentar tanpa mengikuti filmnya sampai selesai pasti ada cerita sedikit yang tersangkut begitupula dengan masuk diperpustakaan . Kita sudah mempunyai otak yang harus digiling maka tempat penggilingan yang baik adalah perpustakaan sebagai Pabrik penggilingan Ilmu maka hasilnya adalah produk ilmu produk itulah yang nantinya kita pasarkan dimasyarakat. Otak ini ibarat botol air yang selalu harus disi dengan rangkaian bacaan Tapi sayang kita bisa lihat dimana – mana penggunjung perpustakaan tidak begitu ramai dikunjungi contonya berapa banyak jumlah mahasiswa dikampus – kampus hanya beberapa orang yang masuk diperpustakaan bahkan bisa dihitung , lebih ramai dikanting bahkan penjaga kantingnya koalahan melayani pembeli, dengan Asyik – asyiknya ngobrol dengan teman – teman padahal ada ilmu yang menunggunya diperpustakaan ,lambat pula produksi ilmunya maka produk apa yang nantinya kita bisa tawarkan dimasyarakat kalau modelnya seperti ini Otak yang terlalu lama digiling maka bisa membeku atau menjadi keras maka makin lama pula untuk bisa memproduksi ilmu Yach…. perlu kesadaran untuk bisa memahaminya Tempat Ibadah Setelah aktivitas diruangan dengan penguras pikiran kita maka sel – sel otak kita perlu pengreflesian atau penenangan untuk menyegarkan kembali Jikalau kita kaji dari masing masing agama kita baik islam maupun kristen dan agama yang lainya maka , maka ada kemukjizatan sendiri Contoh dalam agama islam ada gerakan sujud kaji filosof sholat lima waktu Jika kita mengerti dampak kedahsyatan tempat ibadah maka Dalam surat petunjuk kehidupan Iqra bacalah, 3 Aktivitas Yang Menggangu Konsentrasi Mahasiswa Dalam belajar. 1. Hp 2. Gaya Hidup Yang Menor 3. Pacaran Istilah anak mudah sekarang katanya kalau nggak punya pacar bukan anak muda namanya , sekarang ini manusia dihidangkan dengan hal – hal yang instant atau boleh disebut dengan hidangan Gaya hidup dunia maya atau internet, dunia maya atau internet ini tidak mengenal kalangan yang ia bisa masuku semua dia bisa masuki kita bisa dikalangan profesi pedagan buruh dan mahasiswa Contoh yang paling populer situs sekarang yaitu fecbook, dimana kita bisa lihat 99 % mahasiswa sudah mempunyai fb. Sebagian mahasiswa sudah ketagihan akan kenikmatangnya fb, Apalgi hp menyediakan aplikasi camera. 12 jam hp tidak terlepas dari genggaman si pemiliknya, Tapi jika seseorang mempergunakanya dijalan yang salah maka hancurlah , Sekarang ini Mahasisiwa dihidangkan yang instant – instan contoh misalkan ketika dosen memberikan tugas makalah sebagian mahasiswa megatakan Tenang saja tidak usah Pusing – Pusing sekarang seraba canggih ada mba google apa susahnya sich semua yang dihidangkan ada , dengan mudahnya makalah bisa jadi dalam satu hari ini kemudian diprint kemudian dijilid diserahkan kedosen lalu dipresentasikan dengan metode membaca diberi sampul dengan semenarik mungkin disayangkan sekali, sekarang ini serba canggih jadi semua bisa diprosese dengan sangat cepat tanpa ada usaha membaca buku semua diperoleh dalam bentuk yang instant sama halnya kekita kita mengomsumsi makanan yang instant – instant contoh misalkan mie yang setiap harinya kita konsumsi bisa berbahaya bahkan menimbulkan penyakit sama halnya dengan mengambil makalah di internet bisa berbahaya bagi perkembangan skil mahasiswsa , Sekarang ini budaya membaca sudah bergeser dikalangan sebagian mahasiswa sehingga perkembangan skil mahasiswa sulit untuk berkembang ditambah lagi dengan sulitnya membuat makalah, sebagian mahasiswa tidak tau arah tujuan membuat makalah, Sehingga Mahasiswa ketika membawakan makalah Tentu saja ini sangat merugikan bagi dirinya sendiri dan orang lain, bayangkan betapa banyak biaya yang dikeluarkan oleh orang tuanya mulai bayar kost biaya SPP Uang kulliah belum lagi kebutuhan sehari -hari yang setiap bulan dirimkan uang demi membiayai anaknya agar Anaknya bisa sukses kedepan tapi sayang seribu sayang survei membuktikan Betapa Banyaknya Mahasiswa Yang banyak pengangguran setelah Kulliah ada apa dengan dengan fenomena semua ini apa yang salah, apakah metodenya dalam kulliah Yang Harus dicapai Setelah Kulliah. Perhatikanlah petunjuk Kesuksesan berada digenggaman kita semua Butuh waktu dan usaha tenaga hingga akhirnya ada digenggaman kita, Pada hakikatnya Manusia yang diciptakan dimuka bumi ini sama Rata semua lahir dalam rahim seorang ibu, Sukses atau tidaknya Seseorang ditentukan dengan Usahanya Sendiri jika dia mampu mengelolah waktunya dan Mengisinya dengan hal – hal yang bermanfaat dan pandai pandai mengatur gaya hidupnya BAB II Hakekat Mahasiswa Masalah Mahasiswa Peran Mahasiswa Dalam Kampus Peran Mahasiswa bagi Masyarakat. BAB III Hakekat Power Point Pengertian Power Point Cara Memperoleh Power Cara Memperoleh Point Menggalih Bakat Bebicara Tampil Dalam kelas BAB I V Pengertian Makalah Untuk bisa memberikan pemahaman dalam menulis makalah supaya kita tau arah tujuan menulis makalah sesuai dengan pengalaman saya waktu semester satu Saya akan bercerita dulu sedikit tentang pengalaman saya ketika menulis makalah Kullliah awal kulliah telah dimulai semester satu ketika itu saya diberi tugas pada salah satu dosen mata kulliah civid edekesen atau pancasila, saya mendapatkan tugas dengan judul Batang tubuh pancasila dan dosen saya berkata jika kamu bisa membawakan makalah lebih baik dari teman kamu dan bisa menampilkan sesuatu yang baru atau berbeda dalam membawakan makalah maka saya berjanji memberikan nilai A pada kamu saya tunggu minggu depan , kemudian saya menjawabnya dengan senyuman dan menjawab pasti aku pasti bisa dengan semangatnya yang mengkobar kobar dlam hati akupun kemudian pergi keperpustakaan untuk mencari buku dengan harapan bisa menemukan referensi namun sayang seribu sayang buku yang aku butuhkan tidak ada semua rak buku aku sudah periksa diperpus namun tak kunjunjung aku dapatkan dengan seharian diperpus namun hasil yang aku dapatkan nihil disaat itu aku sudah lelah namun aku tak patah semangat aku hubungi kaka kelas yang mempunyai buku untuk aku pinjam namun tidak ada hasilnya lagi nihil lagi sama seperti ketiak aku mencari buku diperpus Ada seorang memberikan solusi kepada Aku dengan berkata cari saja diinternet pasti apa yang kamu cari ada namun aku pun mencari dinternet bahan makalah aku tapi ada yang beda ketika aku membaca dari internet aku sulit untuk mengambil bahan dari mana aku harus memulai karna semua sudah tersedia akhirnya aku mengambil keputusan untuk membaut makalah sendiri dengan berkata ini bukan usaha terakhir masih ada cara yang lain kemudian aku pergi diperpustakaan pusat aku keliling keling kota dengan naik angkot untuk mencari perpustakaan tidak mudah untuk mencari perpustakaan yang aku inginkan karna aku orang baru yang tidak tau sama sekali arah jalan akupun bertanya tanya kepada orang – orang yang ada diangkot kemudian akupun diberi petunjuk dari seorang wanita yang baik hati bahkan dia membayarkan angkotku lalu mengantarkan aku keperpus naik ojek dan membayarkan sewa ojek aku sungguh wanita yang baik hati, sesampainya aku diperpus aku merasa senang sekali dilayani dengan baik dan buku yang sangat banyak akhirnya Aku mendapatkan buku yang aku butuhkan untuk referensi makalah aku sayangnya bukunya tidak boleh dipinjam hanya boleh dibaca untunglah penjaga perpustakaanya mengizinkan aku untuk memfotocopynya dengan perasaan yang sangat senang karna buku yang aku cari ada ditangan aku ,ku buka daftar isinya bab pertama kutemukan apa yang aku inginkan Dengan tak terasa aku lupa makan dengan semangatnya aku menegerjakan tugasku kuketi sedikit demi sedikit sambil menambah kata kata makalah akupun jadi 15 lembar suatu perjuangan panjang bagi aku makalah aku jadi setelah dua hari sebelum mempersentasekan makalah tahap aku selanjutnya yaitu memahaminya berulang ulang kali aku membacanya akhirnya kumenemukan garis garis besarnya dan akupun mencoba menjelaskanya namun ada yang kurang ketika aku menjelaskan akan teringat kata kata dosen buat sesutu yang baru hal yang berbeda yang belum pernah dilakukan oleh pemakalah pemakalah sesudahnya kubuka program – program leptop aku akhirnya ku menemukan Aplikasi Power ponit 2007 disaat itupula aku mencoba mengetik didalam kolonya akhirnya jadilah tulisan aku yang memuat 9 hedled aku tidak menyangka makalah jadi dalam bentuk power point, waktu terus berjalan hingga waktunya tiba aku mempertasekan makalah aku , bangun sholat subuh dengan semangat yang mengelora dalam hati aku jam lima aku sudah tinggalkan rumah perjalanan ku diringi embung pagi menyapa ku dengan memberikan semangat pagi satu jam dalam perjalanan menuju kampus akhirnya lewat jam 6 pagi aku sampai dikampus disambut dengan tukang sapu halaman rumah yang memberikan senyuman setengah jam lagi aku masuk jantungku bergetar getar entah ada apa geranagn mungkin aku ini namanya deman tampil berbicara dalam kelas kutarik nafas sedikit demi sedikit akupun mulai melagkahkan kakiku untuk mencari LC di tidak semudah apa yang aku bayangkan rencana aku pun diuji dimana LCDinya tidak ada tapi aku terus menrus mencari tanpa putus asa lantai satu sampai lanntai dua kubuka pintu pintu kantor dosen lalu aku hubungi dosen dosen untuk meminjam LC DI , Akhirnya Aku MENDAPATKAN LCDNYA dari salah satu dosen disaat itu aku mulai menarik nafas dan sudah legah kupasang LCDIKU sebelum dosen datang akhirnya jadi dengan pancaran silau tulisan aku ditembok yang power point aku sudah kubuat tadi malam akhinya jadi Juga dosen pun datang dan teman teman sudah duduk manis ingin mendengarkan makalah aku situasi yang sangat gugup campur haru melihat hasil aku dosenpun memberikan semangat dengan berkata seperti ini yang aku cari membaut power point dan berkata kayanya janji aku harus bayar kekamu kemudian aku Cuma tersenyum malu dan gugup dan akupunn disuruh menjelaskanya dengan menarik nafas 2 sedalam dalamanya dan menghembuskanya kelaur kumulai pembukaan dengan suara perlahan tak terasa waktu mempersentasekan telah selesai akupun diberi tepuk tangan sesi pertanyaan telah dibuka aku kemudian disuguhkan 5 pertanyaan dan alhamdulilah aku bisa meenjawabnya dengan berbekal apa yang pernah aku baca yang pertanyaanya hebat hebat karna yang memberikan pertanyaan lebih tua dari aku dan pemahaman mereka tentang pancasila lebih dikuasai dan akhirnya aku bisa menjawab pertanyaan tersebut Masuk enam bulan perkulihan semester satu telah berakhir dan memasuki final atau UAS PANACASILA aku tidak belajar semlam karna aku fokus pada hapalan hadis ,setelah aku melihat soal soal UAS YANG dihidangkan 10 nomor yang aku bisa jawab hanya 3 nomor di anatara 10 soal kebangyakan soal pasal- pasal aku pasrah apapun hasilnya nanti aku harus terima mau nilai b atau c tidak masalah buat aku satu pelajaran buat aku karna aku lebih fokus pada satu pelajaran yaitu hapalan hadis setelah dua minggu UAS nilai pun dimunculkan aku tidak sangka ternyata aku mendapatkan Nilai A PADA mata kulliah pancasila ternyata dosen tidak menilai pada hasil UASNYA tapi dia melihat pada saat mahasiswa mempersentasekan Membuat Makalah Yang Baik dan Benar Masuk semester pertama Meninggalkan masa sma telah selesai kini saatnya pertengahan

Konten berikut dilindungi dengan kata sandi. Untuk melihatnya silakan masukkan kata sandi Anda di bawah ini:

Makalah PERADABAN ISLAM PADA MASA KERAJAAN MUGHAL DI INDIA

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang Masalah.

Kerajaan Mughal merupakan salah satu warisan peradaban Islam di India. Keberadaan kerajaan ini telah menjadi motivasi kebangkitan baru bagi peradaban tua di anak benua India yang nyaris tenggelam dan punah. Sebagaimana diketahui, India adalah suatu wilayah tempat tumbuh dan berkembangnya peradaban Hindu. Dengan hadirnya Kerajaan Mughal, maka kejayaan India dengan peradaban Hindunya yang nyaris tenggelam, kembali muncul.

Di kalangan masyarakat Arab, India dikenal sebagai Sind atau Hind. Sebelum kedatangan Islam, India telah mempunyai hubungan perdagangan dengan masyarakat Arab. Pada saat Islam hadir, hubungan perdagangan antara India dan Arab masih diteruskan. Akhirnya India pun perlahan-lahan bersentuhan dengan agama Islam. India yang sebelumnya berperadaban Hindu, sekarang semakin kaya dengan peradaban yang dipengaruhi Islam. Oleh sebab itu menjadi penting untuk menulis secara ringkas eksistensi Kerajaan Mughal di India yang identik dengan Hindu.

Makalah ini selain menggambarkan secara ringkas bagian-bagian penting,tentang asal-usul, tumbuh, berkembang serta mundurnya peradaban yang dibina Kerajaan Mughal, juga mengulas faktor-faktor yang mendorong timbul hingga tenggelamnya kerajaan tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk mengambil pelajaran, bagaimana membalikkan gelombang peradaban di anak benua India tersebut. Mengenai hal ini Ibnu Khaldun berkata, “reversi tersebut tidak akan dapat tergambarkan tanpa menggambarkan pelajaran-pelajaran dari sejarah terlebih dahulu untuk menentukan faktor-faktor yang membawa sebuah peradaban besar melemah dan hancur.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

  1. Sejarah Lahirnya Kerajaan Mughal di India.

India menjadi wilayah Islam pada masa Dinasti Umayyah tepatnya pada masa Khalifah al-Walid. Penaklukan wilayah ini dilakukan oleh pasukan Umayyah yang dipimpin oleh panglima Muhammad Ibn Qosim. Kemudian pasukan Ghaznawiyah dibawah pimpinan Sultan Mahmud mengembangkan kedudukan Islam di wilayah ini dengan berhasil menaklukan seluruh kekuasaan Hindu dan mengadakan pengislaman sebagian masyarakat India pada tahun 1020 M. Setelah Gaznawi hancur muncullah beberapa dinasti kecil yang menguasai negeri India, seperti dinasti Khalji (1296-1316 M), dinasti Tuglag (1320-1412), dinasti Sayyid (1414-1451), dinasti Lodi (1451 1526). Jadi Mughal bukan kerajaan Islam yang pertama di India.[1]

Kerajaan Mughal adalah kerajaan Islam yang pernah berkuasa di India dari abad ke- 16 hingga abad ke- 19. Dinasti ini didirikan oleh Zaharuddin Babur yang merupakan keturunan Timur Lenk, penguasa Islam asal Mongol.

Babur adalah nama kecil dari Zaharuddin, yang artinya singa, ia lahir pada hari Jum’at 24 Februari 1483. Ayahnya bernama Umar Mirza menjadi amir di Fergana, turunan langsung dari Miransyah putra ketiga dari Timur Lenk. Sedangkan ibunya berasal dari keturunan Jengkuai, anak kedua dari Jengis Khan. Pada usia 11 tahun,  Babur kehilangan ayahnya dan sekaligus menggantikan kepemimpinan ayahnya dalam usia yang masih sangat muda. namun demikian ia sangat pemberani sehingga kelihatan lebih matang dari usianya. Dia mendapat latihan sejak dini, sehingga memungkinkannya untuk menjadi seorang pejuang dan penguasa besar.

Ia berusaha menguasai Samarkand yang merupakan kota terpenting dia Asia Tengah pada saat itu. Pertama kali ia mengalami kekalahan untuk mewujudkan cita-citanya. Kemudian berkat bantuan Ismail I, Raja Safawi, sehingga pada tahun 1494, Babur berhasil menaklukan kota Samarkand, dan pada dengan Tahun 1504 menaklukan Kabul, ibukota Afganistan. Dari Kabul Babur melanjutkan ekspansi ke India yang pada saat itu dipimpin oleh Ibrahim Lodi.

Ibrahim Lodi (cucu sultan lodi), sultan Delhi terakhir, memenjarakan sejumlah bangsawan yang menentangnya. Ketika itu kewibawaan kesultanan sedang merosot, karena ketidak mampuannya memimpin, atas dasar itulah Alam Khan keluarga Lodi yang lain mencoba menggulingkannya  dengan meminta bantuan Zahiruddin Babur (1482-1530 M). Permintaan itu langsung diterima oleh Babur dan bersama pasukannya menyerang Delhi. Pada tanggal 21 April 1526 M terjadilah pertempuran yang sangat dasyat di Panipat. Ibrahim Lodi beserta ribuan pasukannya terbunuh, dan Babur langsung mengikrarkan kemenangannya dan mendirikannya pemerintahannya.

Setelah mendirikan kerajaan Mughal, Babur berusaha memperkuat kedudukannya. Di pihak lain raja-raja Hindu di seluruh India menyusun angkatan perang yang besar untuk menyerang Babur dan di Afganistan, golongan yang setia pada keluarga Ibrahim Lodi mengangkat saudara kandung Ibrahim, Mahmud Lodi menjadi Sultan. Sultan Mahmud Lodi bergabung dengan raja-raja Hindu tersebut. Kali ini berarti harus berhadapan dengan pasukan koalisi, namun Babur tetap dapat mengalahkan pasukan koalisi itu dalam pertempuran dekat Gogra tahun 1529 M. Akan tetapi ia tidak lama menikmati hasil perjuangannya. Ia meninggal dunia pada tanggal 26 Desember 1530 M pada usia 48 tahun setelah memerintah selama 30 tahun. Setelah Babur meninggal, Zahirudin Babur digantikan oleh anaknya, Nashiruddin Humayun (1530-1539M).

Humayun dalam menjalankan roda pemerintahanya banyak menghadapi tantangan. Sepanjang masa pemerintahanya negara tidak pernah aman. Ia senantiasa berperang melawan musuh. Diantara tantangan yang muncul adalah Bahadur Syah, penguasa Gujarat yang memisahkan diri dari Delhi. Pemberontakan ini dapat dipadamkan, Bahadur Syah melarikan diri dan Gujarat dapat dikuasai. Pada tahun 1540 M terjadi pertempuran dengan Syer Khan di Kanauj, dalam peperangan ini Humayun mengalami kekalahan.  Ia terpaksa melarikan diri ke Kandahar dan selanjutnya ke Persia ia mengenal tradisi Syi’ah, bahkan sering dibujuk untuk memasukinya, begitu pula dengan anaknya Jalaluddin Muhammad Akbar. Di sini pula ia membangun kekuatan militer yang telah hancur, dan berkat bantuan Syah Tahmasph yang memberikan pasukan militer sebanyak 14.000 tentara, maka pada tahun 1555, Humayun mencoba merebut kembali kekuasaannya dengan menyerbu Delhi yang pada saat itu diperintah Sikandar Sur. Akhirnya, ia bisa menaklukan kota ini dan ia memerintah kembali pada tahun 1556 M.

 

Kemudian Humayyun digantikan oleh anaknya, Abu al-Fath Jalal al-Din Muhammad Akbar. Lebih dikenal dengan sebutan Akbar, dilahirkan di Amarkot, 15 Oktober 1542 M. dan memerintah (1556-1605 M) dari usia 14 tahun. Akbar  sebagai wali sultan yang masih muda maka diangkatlah Bairam Khan. Bairam seorang yang cakap, namun bukan orang yang bijaksana. Akbar adalah seorang laki-laki yang memiliki naluri kerajaan yang kuat ”seorang raja katanya, harus selalu sungguh-sunguh terhadap penaklukan; jika tidak, maka negeri tetangganyalah yang akan mengangkat senjata terhadapnya.  Prinsip tersebut membuat Akbar bertekad menjadi penguasa tertinggi di India yang tak dapat digugat. Pada tahun 1605 M. Akbar meninggal dunia. Masa kepemimpinan Akbar adalah puncak kejayaan kerajaan Mughal, tidak hanya dalam bidang politik dan militer saja, tapi juga dibidang ekonomi, pendidikan, seni dan budaya, administrasi, dan keagamaan. Kemajuan yang telah dicapai Akbar masih dapat dipertahankan oleh tiga sultan berikutnya, yaitu Jehangir (1605-1628M), Syah Jehan (1628-1658 M), dan Aurangzeb (1658-1707 M). tiga Sultan penerus Akbar ini memang terhitung raja-raja yang besar dan kuat. Setelah itu, kemajuan kerajaan Mughal tidak dapat dipertahankan oleh raja-raja berikutnya.

  1. Kemajuan Kerajaan Mughal.

Kejayaan kerajaan Mughal dimulai pada masa pemerintahan Akbar, keberhasilan Ekspansi Militer Akbar menandai berdirinya Mughal sebagai sebuah kerajaan besar.

Kita dapat merinci kemajuan-kemajuan kerajaan Mughal yang dicapai oleh masing-masing raja yang memiliki kemajuan masing-masing sebagai berikut:

  1. Politik dan Pemerintahan.

Akbar membentuk sitem pemerintahan militeristik. Dalam pemerintahan tersebut, pemerintahan daerah dipegang oleh seorang Sipah Salar (kepala komandan). Sedang wilayah distrik dipercayakan kepada Faudjar (komandan). Jembatan-jembatan sipil juga diberi jenjang kepangkatan yang bercorak kemiliteran, pejabat-pejabat itu harus mengikuti latihan kemiliteran.

  1. Akbar juga menerapkan politik Sulukhul (toleransi universal). Politik ini mengandung ajaran bahwa semua rakyat India sama kedudukanya. Mereka tidak dapat dibedakan menurut etnis dan agama. Politik ini dapat menciptakan kerukunan masyarakat India yang sangat beragam.
  2. Untuk undang-undang kerajaan, Sultan Akbar membuat Din Ilahi yaitu suatu pandangan dan sikap keagamaan resmi kerajaan yaitu unsur-unsur agama Islam, Hindu, Persia Kristen dan sebagainya yang harus dianut oleh setiap orang.
  3. Pada masa pemerintahan Aurangzeb telah terdapat jalinan kerjasama dengan negara-negara Islam diluar India. Sejumlah penguasa Islam telah mengirim duta atau perwakilan negara mereka ke Delhi, misalnya Syarif Makkah, raja-raja Persia, Balkh, Bukhara dan Kasgar; para gubernur Turki Basrah, Yaman dan Hadmarut, para pemimpin negeri Maghiribi dan Raja Arbesinia.
  4. Bidang ekonomi dan perdagangan.

Untuk mengelola ekonomi pertanian pemerintah juga mengatur tentang organisasi pertanian. Setiap perkampungan petani dikepalai oleh seorang pejabat lokal, yang dinamakan muqaddam, yang mana kedudukannya dapat diwariskan, dia mempunyai tanggung jawab menyetorkan penghasilan untuk menghindari tindak kejahatan. Kaum petani dilindungi hak kepemilikan tanah dan pewarisan, tetapi jika tidak loyal maka pejabat lokal berhak menyitanya.

  1. Bidang Pendidikan dan Iptek.

Dalam bidang pendidikan, Akbar membangun bangunan khusus untuk tempat pengajian ilmu, dia juga berusaha menarik simpati para ulama dengan menghibahkan sejumlah madrasah dan perpustakaan.

  1. Bidang Seni dan Budaya.

Seni Budaya dan arsitektur puncaknya terjadi pada masa sultan Syah Jahan yang ditandai dengan berbagai karya budaya fisik, seperti karya arsitektur monumental Taj Mahal, yang merupakan bangunan indah, yang dimaksudkan sebagai tanda cinta kasihnya kepada istri tercinta Mumtaz Mahal. Taj Mahal juga salah satu keajaiban dunia dan merupakan lambang peradaban dan kebudayaan Islam masa Lampau di India. Selain itu juga Shah Jahan telah membangun Masjid Mutiara, Masjid Jami’ di Delhi, serta takhta Merak, yaitu singgasana yang dibuat dari emas, perak, intan, serta permata cemerlang.

karya seni yang menonjol adalah karya sastra gubahan penyair istana, baik yang berbahasa Persia maupun India. Penyair India yang terkenal adalah Malik Muhammad Jayazi, seorang sastrawan sufi menghasilkan karya besar  berjudul Padmavat, sebuah karya yang mengandung pesan kebajikan jiwa manusia. Pada masa Aurangzeb, muncul seorang sejarawan yang bernama Abu Fadl dengan karyanya bernamma Akbar Nama dan Aini Akhbari, yang memaparkan sejarah kerajaan Mughal berdasarkan figure pemimpinnya.

Akbar mensponsori ajaran Din Illahi, yaitu ajaran campuran berbagai unsur   kepercayaan Hindu dan tasawuf dari unsur syi’ah.

Ø  Sebab-sebab Kemajuan

Kerajaan Mughal tidak mencapai kejayaannya secara mudah. Bagaimanapun, umat Islam di masa ini termasuk golongan minoritas di tengah mayoritas Hindu. Namun Kerajaan Mughal tetap berhasil memperoleh kecemerlangan disebabkan factor-faktor sebagai berikut;

  1. Kerajaan Mughal memiliki pemerintahan dan raja yang kuat. Politik toleransi dinilai dapat menetralisir perbedaan agama dan suku bangsa, baik antara Islam-Hindu, Ataupun India-non India (Persia-Turki).
  2. Hingga Pemerintahan Aurangzeb, rakyat cukup puas dan sejahtera dengan pola kepemimpinan raja dan program kesejahteraannya.
  3. Prajurit Mughal dikenal sebagai prajurit yang tangguh dan memiliki patriotisme yang tinggi. Hal ini diwarisi dari Timur Lenk yang merupakan para petualang yang suka perang dari Persia di Asia Tengah dan cukup dominan dalam ketentaraan.
  4. Sultan yang memerintah sangat mencintai ilmu dan pengetahuan. Para “Bangsawan Mughal mengemban tanggung jawab membangun masjid, jembatan, dan atas berkembangnya kegiataan ilmiah dan sastra”.
  5. Kemunduran dan Kehancuran kerajaan Mughal.

Setelah satu setengah abad dinasti Mughal berada dalam kejayaannya, para pelanjut Aurangzeb tidak sanggup mempertahankan kebesaran yang telah dicapai oleh pendahulu-pendahulunya. Kejayaan Mughal hilang dengan kematian Aurangzeb Satu persatu penguasa daerah melepaskan diri dari pemerintahan pusat di Delhi.

Pengganti Aurangzeb adalah Mu’azzam, setelah ia meninggal tahta digantikan anaknya Azhim al-syah. Akan tetapi di tentang Zulkifar Khan, anak ‘Asad Khan (wazir Aurangzeb. Azaim al-syah meninggal tahun 1712 M. ia digantikan oleh anaknya Jihandar Syah, tetapi ia disingkirkan oleh adiknya sendiri Faruq Syah pada tahun 1713M. Jadi dalam dua tahun saja telah terjadi empat kali pergantian sultan.  Sehingga dapat dibayangkan bagaimana kondisi kerajaan Mughal saat itu.

Konflik-konflik yang berkepanjangan mengakibatkan pengawasan terhadap daerah lemah. Pemerintahan daerah satu persatu melepaskan loyalitasnya dari pemerintah pusat. Bahkan cenderung memperkuat posisi pemerintahannya masing-masing.. disintegrasi mulai terjadi, satu persatu daerah kekuasaan Mughal mulai melepaskan diri. Keadaan ini diperparah lagi dengan datangnya ancaman baru yang lebih kuat, yaitu datangnya perusahaan Inggris (EIC) yang memiliki senjata modern melawan pemerintahan Mughal. Peperangan berlarut-larut. Akhirnya, Syah Alam membuat perjanjian damai dengan melepaskan daerah Oudh, Bengal dan Orisa kepada Inggris.

Pada saat tiga sultan berkuasa yaitu, Syah Alam, Akbar II dan Bahadur Syah, Inggris diberi kepercayaan untuk mengembangkan usahanya. Dengan jaminan memberikan fasilitas kehidupan Istana dan keluarganya.pada saat terjadinya krisis EIC mengalami kerugian dan Inggrispun mulai mengadakan pungutan yang tinggi terhadap rakyat secara ketat dan cenderung kasar. Karena rakyat merasa tertekan, maka terjadilah pemberontakan rakyat dibawah pimpinan sultan Bahadur Syah pada bualan Mei 1857 M.

Perlawanan mereka dapat dipatahkan dengan mudah, karena Inggris mendapat dukungan dari beberapa penguasa Hindu dan Muslim. Inggris kemudian menjatuhkan hukuman yang kejam kepada pemberontak. Mereka diusir dari kota Delhi, rumah ibadah banyak yang dihancurkan, dan Bahadur Syah, sultan Mughal terakhir diusir dari istana (1858 M). dengan demikian, berakhirlah sejarah kekuasaaan kerajaan Mughal di India.

Ada beberapa faktor yang menyebabkab kekuasaan kerajaan Mughal itu mundur pada satu setengah abad terakhir, dan membawa kepada kehancurannya pada tahun 1858 M, yaitu:

  1. Terjadi stagnasi dalam pembinaan kekuasaan militer sehingga operasi militer Inggris di wilayah-wilayah pantai tidak dapat dipantau oleh kekuatan maritime Mughal. Begitu juga tidak terampilnya dalam mengoperasikan persenjataan buatan Mughal sendiri.
  2. Kemerosotan moral dan hidup mewah dikalangan elite politik, yang mengakibatkan pemborosan dalam penggunaan uang negara.
  3. Kurang cakapnya pemerintahan Aurangzeb sehingga konflik antar agama terjadi sangat sukar diatasi oleh sultan-sultan sesudahnya
  4. Semua Sultan peawaris tahta kerajaan pada paro terakhir adalah orang-orang lemah dalam bidang kepemimpinan.
  5. Kedudukan Perempuan di Masa Dinasti Mughal.

Pada masa pemerintahan Dinasti Mughal perempuan India menikmati kebebasan yang berdasar keadilan dari ajaran agama islam. Perempuan dimuliakan kedudukannya dan pendapatnya dihormati. Pada masa Shah Jehan dibangun makam yang megah untuk istri tercintanya yang wafat dan diberi nama Taj Mahal. Perempuan memperoleh hak-haknya sebagai pribadi dan anggota masyarakat.

Namun demikian, suasana umum dari kedudukan perempuan di masa ini masih belum seluruhnya baik. Agama sinkretisme yang dikembangkan sering bertentangan dengan ajaran islam, seperti dikeluarkannya larangan untuk mandi junub dan dilarang kawin dengan sepupu atau famili dekat karena merusak cinta kasih.

 

 

BAB III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Pendiri kerajaan Mughal adalah Zahirudin Muhammad Babur, berasal dari keturunan Timur Lenk dan Jengis Khan. Kerajaan Mughal berdiri pada tahun 932 H/1526M. Di India corak pemerintahannya militeristik yang absolute.

Kerajaan Mughal membawa beberapa kemajuan dalam Islam, baik dalam bidang politik, militer, seni, dan juga dalam bidang ekonomi khususnya. Peninggalan yang dikenal sampai sekarang dari kerajaan Mughal (salah satu keajaiban dunia) Taj Mahal.

Setelah Aurangzeb meninggal dunia kemunduran mulai menggerogoti kerajaan Mughal, para penggantinya pada umumnya lemah sehingga tidak dapat memulihkan kejayaan yang pernah dicapai oleh para pendahulunya. Kemunduran Mughal berlangsung terus-menerus sehingga sampailah kepada pintu gerbang kehancuran pada tahun 1858 M.

Penyerbuan aliansi Hindu-Sikh, penyerbuan Nadir Syah, Ahmad Duran dan kolonial Inggris merupakan pukulan berat bagi Mughal. Serbuan Inggris akhirnya mengakhiri kerajaan Mughal dengan segala kejayaannya.

 

 

 

 

 

 

 

[1]Ali K, Sejarah Islam dari awal hingga runtuhnya dinasti Usmani Tarikh pramoderen (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada 1996), h. 351.

Refleksi isi Novel Mahasiswa Power Point.

Poros bumi terus berjalan pada porosnya tanpa berhenti mengitari yang ada disekelilingnya, tidak lain hanyalah untuk mempertahankan aktivitas didalam krak perut bumi.
Yang tercipta dari berabad-abad lamanya.
Waktu detik melahirkan menit dari menit melahirkan jam dari jam melahirkan hari dari hari melahirkan bulan dari bulan melahirkan tahun dan dari tahun melahirkan abad hingga akhirnya melahirkan peradaban manisua.
waktu selama berabad-abad dibungkus dengan tongkat sejarah, dengan satu tongkat sejarah melahirkan suku, budaya hasil dari peradaban sang insan.
Namun tak sedikit manusia memanfaatkan waktunya untuk memanusiakan manusia Libur Kulliah, seperti biasanya walaupun jadwalnya libur kulliah. namun jadwal lain menunggunya sehingga jadwal dihari libur tidak ada baginya.
waktu 24 jam memeluk dirinya merengguk nadinya, merengguk jantungnya hingga hempusan nafasnya masih bisa menghempaskan kerongga hidungnya.
Begitupun dengan dia sangat menikmati pelukkan waktu yang memeluknya.
dihatinya yang suci terpancar keikhlasan dalam mengarungi kesibukanya yang membautnya ia lupa dengan kata libur .
tak pernah sesekali ia meraskan bersantai- santai dengan teman-teman yang lainnya, yang ada hanyalah aktivitas.
Pernah sesekali ia diajak oleh temanya untuk menikmati hari liburnya.

Baginya aktivitas semacam itu bisa membahayakan masa separoh hidupnya untuk kehidupanya akan mendatang nanti.
Perbuatan menyia-nyikan waktu dgn aktivitas seperti itu hanya kesenangan sesaat dan akibat buruknya lebih menyiksa dirinya. Itulah pandangan manusia sibuk ini.
Entalah apa yang membuat manusia sibuk ini memiliki pandangan sedemikian rupa
Suatu pandangan yang bertentangan dengan aktivitas liburan bagi manusia lainya yang memiliki arti penting liburan.
Yang bagi manusia lainya mungkin.
Entalah faktor apa yang membuat sehingga ia tidak mau mengisihkan titah tulisan tentang pengalaman liburan dalam sejarah hidupnya?hanya dia yang tahu dan pengalamanya.

libur, toch Urgensi waktu sebenarnya dalam pedoman Hidup Manusia kita dianjurkan untuk memanfaatkan waktu dalam surah Al ‘Ashr “ Demi masa, sesungguhnya Manusia itu benar – benar dalam kerugian.
diatas langit angkasa hari ini, awan mulai lalu lalang menampakkan kesibukannya mengumpulkan gumpulan-gumpalan hujan untuk membasahi bumi memberikan kesegaran bagi penduduknya dan tanaman-tanaman yang ada dimuka bumi ini,
cari tentang ayat al-qur’an.
Maka bagi manusia sibuk ini, ia mulai mengisi alam raya ini dengan aktivitas
Seluruh pikiran

jadwal hari ini mengantar ade hafizah ke sekolah TK, suasana dipagi hari ini begitu cerah akibat pantulkan dari langit yang memulai memancarkan sinarnya dipagi hari menemani langkahku untuk memenuhui tugasku, yaitu mengantar fiza kesekolah tk.
Disebrang jalanan sana tampak Anak-anakpun mulai berjejeran disepanjang jalanan menuju gerbang sekolah dengan Tk pakai rapi sebagian ada juga anak anak diantar oleh orangtuanya.
Dari lingkungan TK mengingatkan’ku masa silam lalu, banyak kenangan sewaktu masa kecil, tak terasa pikiran ini diipnotis dengan suasana Lingkungan Tk.
Memutar
Alam sadarpun hilang, memulai memutar memori pada masa Tk dulu, akupun terhanyut dalam lamuan .
“ Usia 5 tahun, Usia yang Sudah memasuki untuk bergelut dengan seragam hijau putih atau seragam taman kanak–kanak .
Suasana pagi hari ini terasa sejuk diiringi dengan suara dipagi hari entah dari mana asalnya suara itu aku tidak mengamtinya larut dalam kenikmatan suaranya yang dengan kesejukannya yang dipancarkan membuat badan ini memaksa untuk menikmati suasana ini.
Aku mencoba membuka mata ku secara perlahan-lahan, dengan pandangan kabut sedikit, kulihat gantungan baju seragam yang terpampang didinding kamar, tidak ada pemandangan lain kulihat selain gambaran anak-anak yang pakai baju tk dengan gandengan tas dan gantungan baju yang terpasang seragam baju Tk.
Larut dalam pandangan yanga ada dikamar, Tak Terasa Jarum jam dinding sudah menunjukkan Pukul 6.00 pagi, yang menunjukkan seragam hijau putih, pintu kamarpun berbunyi Pertanda perempuan Hipobia Sudah ada untuk membangungkan semangat jiwa dan Raga, “ bangun- bangun ayo bangun waktunya untuk sekolah” ayo-ayo bangun.
Dengan Nada manja “ mama ih masih mau tidur ade masih gantuk.
“ibu “ ih ini sudah jam setengah 7, ayo bangun mandi, kalau habis mandi rasa ngantuknya sudah hilang dan badan terasa segar, nanti kesiangan lho bisa terlambat inikan hari pertama masuk sekolah, dengan sikap hipobianya.
akupun beranjak dari tempat tidur, sambil melangkahkan kaki menuju kamar mandi, ibupun menyalakan kran air, dengan pancaran air dari kran memberikan energi tersendiri dipagi hari.
“ah segar habis mandi”
Sahut ibu “apa mama bilang khan”. Sambil memegang handuk mengeringkan rambut’ku.
Nih… baju Tknya, akupun memakainya sambil bercermin dan berkata “ mama aku cantikkan mirip pramugari.
Mama mirip Pramugari coba lihat ingusnya masih ada, beda sama pramugari pesawat garuda.
Sambil mengikat Rambut’ku dengan ikatan rambut kuda, dengan bujukan nyanyian “ ada anak –anak baru masuk TK, siapa Namanya? Kelas berapa? Mana tempat tinggalnya? , aku hanya termenung mendengarkan lagunya.
Mama ” sudah rapi saatnya berangkat” mamapun memgang tangan ku dan mengantarkan kepintu rumah sambil memegang tas.
Tiba –tiba wasti datang dan mengagetkan aku, Sambil memukul pundakku dari belakang “ hei jangan melamun masih pagi.
Akupun kaget sambil memukul balik ke wasti dan berkata kagetin aja nich.
Wasti “ yech lagian kamu melamin sich jadi aku kagetin supaya kamu terbangun dari lamunganmu.
Yech emanya melamun bisa tidur akupun memberikan umpan.
Wanti “Lamungin apaan sich serius amat”
Ngak aku teripnotis dari lingkungan disini
Teripnotis……….. bingun sambil garut kepala?
Akupun menjelaskannya “ iya teringat dulu waktu Tk, akupun menceritakan pengalamanku waktu Tk dari lamuanku tadi.
Wasti “ pantesan aja kamu tadi diam dipangil-pangil ngak nyahut, ternyata ngalamun sambil ngeledek aku.
Wastipun memberikan komentar dari jawabanku hingga akhirnya diapun teripnotis mulailah dia bercerita “iya masa Tk atau masa kanak – kanak adalah awal coretan coretan kehidupan dimana kita bebas mengisinya dengan pendidikan, permainan anak anak teringat ketika bermain lompat – lompatan dengan teman-teman tanpa ada beban dari guru, lari – lari dan bernyani bagaikan hidup terbang melayang diangkasa tanpa ada beban kehidupan, itulah masa kanak – kanak.
Hidup dengan penuaian manjaan yang setiap harinya dibangkungkan dari tempat tidur dengan seorang wanita yang berhati lembut yang dibaluti dengan keikhlasan sehingga menambah daya magnet yang mengikat hati agar tidak terpisah denganya.
Sulit rasanya untuk membuka mata ini, ingin rasanya berada didampingnya, namun sang ibu terus memaksaku untuk bangun dari tempat tidur, aku tidak tau mengapa ibu terus memaksa’ku untuk bangun dari tempat tidur, adakah maksud tersendiri, padahal bagi’ku tidur dikasur yang empuk dipagi hari adalah kenyamanan bagi’ku.
Kenyamanan yang kurasakan, tidak berlanjut tak kala sang ibu membangunkanku dari tempat tidur sambil berkata ayyohoo – ayyohoo bagun – bagun kraot – kraot buaya datang mengigitmu kraot … kraot, akupun lansung berdiri bergegas dari tempat tidur dengan kecepatan kilat setelah mendengar kata buaya, yach buaya, binatang yang aku paling takuti.
Ibu- ibu…… aku takut sambil melompati ibu dan memeluknya.
“ibu” ngak buayanya tidak ada.
Ibu Cuma takutin kamu supaya kamu bangun, kan sebentar lagi sudah masuk Tk.
Aku “ah…… ibu.
Ada – ada saja cara yang digunakan oleh seorang ibu untuk membangunkan anaknya.
Wastipun Melanjutkan memori pada masa kanak-kanaknya, aku tidak memberikan komentar kubiarkan dia untuk bercerita tantang sosok seorang ibu.
Akupun hanyut dalam komenternya westi, dan kembali memukul pundak westi agar dia bangun dari lamuannya sebagaimana westi juga membangunganku dari lamuan ku tadi.
Dengan Komentar, iya Wes begitu tinggi jasa seorang ibu,
Westi “ Oleh sebab Itu Surga ada ditelapak Kaki ibu.
Aku dan westi mulai meninggalkan lamuan memori masing-masing pada sekolah taman kanak- kanak dulu.
Percakapan terus berlanjut mengenai peran seorang ibu, tak kala ditaman kanak- kanak itu nampak seorang ibu yang bervariasi aktivitasnya
Aku dan westi terus mengamati disekitar lingkungan taman kanak- kanak.
Masing – masing dari kami menjelaskan apa yang kita lihat.
Westi mulai menjelaskan apa yang ia lihat, sambil menyuruhku untuk melihat disudut taman.
“ Fira coba lihat Disudut taman sana, tampak seorang wanita melambaikan tanganya kepada anaknya dengan tatapan yang tergambarkan dimatanya harapan besar kepada anaknya kelak.

Disudut taman Lain tampak seorang wanita duduk diteras ruangan tunggu dengan membawa bungkusan Nasi dan air minum yang ditentengnya dari jam 7 pagi sampai jam 10 inipun masih ditengtenya tanpa bosan menunggu tak mengenal dari jam berapa dia menunggu yang dipikiranya bisa ketemu dengan anaknya, loncengpun berbunyi pertanda san anak telah keluar dari rungan belajar, dengan penuh semangat bergegas berdiri untuk menemui anaknya.
Mama… mama… sayang anak mama sudah selesai belajar? “iya ma” sudah selesai, aduh bajunya sudah basah nich “ sini mama ganti bajunya yach” iya ma panas nich, sang mamapun menggati bajunya.
Disudut taman kanak –kanakpun terlihat wanita yang sedang berdiri mengankat lehernya dengan penuh perhatian, kucoba kudekati sambil memberikan pertanyaan, ibu –ibu ada apa bu ko kelihatanya khawatir sekali? “ iya itu sana anak saya sedang bermain lari-lari bersama denga teman temanya ibu takut nanti kesambret sama temanya, kan bisa jatuh ibu khawatir, “ Oh begitu yach bu ngak apa –apa ko bu kan sedang bermain sama teman-temanya lagian juga ada gurunya disana yang jaga “ngak ibu khawir walaupun ada penjaganya jantung ibu masih bergetar – getar tidak tenang.
Disudut taman-taman kanak-kanak lagi kutemukan sosok wanita yang sedang berdiri didepan pagar yang kehujanan sambil memegang daun pisang yang kebahasan, ibu ibu lagi ngapain keluyupan basah begini ayo bertedu disana dulu bu ini kan hujan, san ibupun menjawab tidak ibu disini saja kalau ibu bertedu disana anak saya tidak melihat ibu ayo bertedu disana dulu bu ini kan hujan, san ibupun menjawab tidak ibu disini saja kalau ibu bertedu disana anak saya tidak melihat ibu ayo bertedu disana dulu bu ini kan hujan, san ibupun menjawab tidak ibu disini saja kalau ibu bertedu disana anak saya tidak melihat ibu
Setiap hari sang wanita ini mengulangi aktivitasnya, sampai anaknya memahami dirinya.
Apa yang diingin san wanita ini sampai rela melakukan
Akankah terjawab usahanya dengan kebahagian
Akankah sang anak kelak

Masih mau ditambah

Memori di SD
Penghujung tahun 2002 moment wisuda TK, Setelah melewati pendidikan Permainan Taman kanak-kanak yang tidak terulang lagi dikehidupan’ku.
Dan awal tahun 2003, adalah langkah awal masuk sekolah dasar, Seragam hijau putih atau seragam Baju Tk Sudah lepas dariku, kini berganti dengan seragam Putih Merah yach…… baju seragam sekolah Dasar. Ini kisah’ku.
Jam 7.00 menunjukkan waktu keberangkatan sekolah, kali ini aku tidak dibangunkan oleh ibu karna dari Tk aku sudah mendapatkan Pendidikan Belajar bangun pagi, seperti kata pepatah ala bisa karna biasa.
Hari senin, semua serba baru mulai dari seragam baju sekolah’ku sampai perlengkapan sekolah’ku semua serba baru.
Dimana hari pertam masuk sekolah dasar yang terletak didekat rumah’ku yang hanya 3 rumah kulewati kemudian sampai kesekolah.
Hari senin yang cerah secercah sinaran matahari dipagi hari memberikan semangat bagi’ku, mulai ku langkahkan kaki’ku untuk keluar Rumah, tapi sebelum itu aku pamitan dulu kepada orang tua’ku.
Suasana Diruangan meja makan, mulai beraktivitas sarapan pagi, tertera roti dan beserta seleinya, kulihat kakek’ku sedang membaca pedoman hidupnya dipagi hari setiap paginya surah yang sering dibaca yaitu surah yasin lantunan demi ayat mulai dibacanya alat penunjuk bacanyya mulai melewati baris demi baris ayatnya, aku menunngu sampai penunjuk bacaanya berhenti pada akhir ayat surat yasin dan ditutup dengan Lafaz dzadakallahuazim lafaz ini sering di dilafadzjan ketika ingin berhenti membaca pedoman hidupnya aku menikamti bacaanya.
Pesan nene buat aku.
Belajar yang serius yach nak, jangan terlalu banyak main disekolah
Belajar membaca. Iqra bacalah.

baru kemudian aku pamitan kesekolah kutemui nen
Pamitan akupun disambut dengan baik dengan memberikan komentar

Memori di SMP

MEMORI DI SMA.

Bagian II.
Masuk SD, Menempuh Pendidikan Dari TK
Sampai SMA Akhirnya kini kita Lagi Harus melewati Yang Namanya Kulliah, Yach Kulliah mungkin kita sering mendengarkan kata itu, Kulliah bukan hal yang mudah karna begitu banyak biaya yang harus dikeluarkan tenaga, waktu dan pikiran , mungkin bagi mahasiswa baru terasa lama tapi bagi mahasiswa yang sudah mau selesai bagaikan satu hari dalam kulliah yach itulah proses jika kita mampu bersabar dan ikhlas serasa masuk hari pertama yang harus dijalani selama empat tahun , untung 2 selesai dalam empat tahun bahkan ada yang sampai lima tahun sampai – sampai di AD ,

Mendengar kata Kulliah Apa sebenarnya yang terbayang dikepala kita apakah kulliah itu hanya sekedar gaya – gayaan dikampus, dengan bangga memakai Almamaternya atau mugkin sebagaian diantara kita hanya ingin mendapatkan ijasah atau nilai, kalau niat kita hanya ingin mendapatkan ijazah maka hasil dalam kulliah kita nihil begitupula dengan jika niat kita kulliah hanya ingin mendapatkan nilai maka hasilnyapun nihil

Hal yang harus kita ketahauih dalam kulliah adalah Apa sich sebenarnya arti kulliah itu ,kita harus mengetahui arti kulliah itu supaya kita tau arah tujuan kita dalam menuntut ilmu.
Namun dalam kuliah sering kali kita melihat teman teman tidak selesai studinya ada yang semester dua tiga bahkan sudah diujung akhir pendidikanya namun tidak selesai
Cari dikamus arti kulliah
Kondisi sekarang ini mahasiswa sangat miris dimana kita lihat batasan – batasan antara laki laki dan perempuan tidak ada lagi batasnya
Belum nikah sudah ada yang hamil,
Kos –kosan bagaikan tempat hiburan padahal sebenarnya jika kita ingin memanfaatkan sebagai siklus memperoleh ilmu maka kita bisa menjadi orang besar,

Lalu siapa yang bertanggung jawab atas semua ini apakah orang tua kita atau dosen kita , yang jelas apa yang kita lakukan hari akan mempunyai dampak untuk dihari kedepangnya jika kita menanam ilmu selama kita kulliah maka hasilnya adalah kita menjadi pribadi yang intelektual maka itulah hakekat mahasiswa yang harus diraih,

3 tempat yang dijadikan siklus pembelajaran
Ruangan kelas
ruangan kelas dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas kita tidak pernah terlepas yang namanya ruangan kelas ,ruangan kelas sd sampai sma jika SD,SMP dan SMA kita harus diingatkan dengan lonceng untuk masuk diruangan maka pada saat kita kulliah tidak ada lagi lonceng yang mengharuskan kita untuk masuk pada ruangan kelas,hanya kesadaran yang mengikatkan kita agar kita bisa melangkahkan kaki kita keruangan maka lonceng kita adalah kesadaran kita , berbeda dengan ruangan kulliah dimana dalam rungan kelas kita lebih harus Aktif berbicara untuk mempersentasekan makalah kita dan berdiskusi
jika pada sma kita ada guru bk yang mengatur kita,maka dlam kullliah kita tidak menemukanya lagi
karna 99% tanggung jawab ada pada diri kita.
tapi banyak juga yang tidak aktif dalam diskusi entah grogi atau tidak mempunyai dasar dalam berbicara

Perpustakaan
Hal yang wajib kita kunjungi ketika ada dikampus yaitu perpustakan karna perpustakaan adalah janin tempat bertumbuhnya Ilmu, jangan pernah lewatkan waktu untuk masuk diperpustakaan walaupun Cuma sebentar pasti ada ilmu yang tersangkut ibarat masuk dibioskop walaupun Cuma sebentar tanpa mengikuti filmnya sampai selesai pasti ada cerita sedikit yang tersangkut begitupula dengan masuk diperpustakaan .
Kita sudah mempunyai otak yang harus digiling maka tempat penggilingan yang baik adalah perpustakaan sebagai Pabrik penggilingan Ilmu maka hasilnya adalah produk ilmu produk itulah yang nantinya kita pasarkan dimasyarakat.

Otak ini ibarat botol air yang selalu harus disi dengan rangkaian bacaan
Tapi sayang kita bisa lihat dimana – mana penggunjung perpustakaan tidak begitu ramai dikunjungi contonya berapa banyak jumlah mahasiswa dikampus – kampus hanya beberapa orang yang masuk diperpustakaan bahkan bisa dihitung , lebih ramai dikanting bahkan penjaga kantingnya koalahan melayani pembeli, dengan Asyik – asyiknya ngobrol dengan teman – teman padahal ada ilmu yang menunggunya diperpustakaan ,lambat pula produksi ilmunya maka produk apa yang nantinya kita bisa tawarkan dimasyarakat kalau modelnya seperti ini
Otak yang terlalu lama digiling maka bisa membeku atau menjadi keras maka makin lama pula untuk bisa memproduksi ilmu
Yach…. perlu kesadaran untuk bisa memahaminya

Tempat Ibadah
Setelah aktivitas diruangan dengan penguras pikiran kita maka sel – sel otak kita perlu pengreflesian atau penenangan untuk menyegarkan kembali
Jikalau kita kaji dari masing masing agama kita baik islam maupun kristen dan agama yang lainya maka , maka ada kemukjizatan sendiri
Contoh dalam agama islam ada gerakan sujud kaji filosof sholat lima waktu

Jika kita mengerti dampak kedahsyatan tempat ibadah maka
Dalam surat petunjuk kehidupan Iqra bacalah,

3 Aktivitas Yang Menggangu Konsentrasi Mahasiswa Dalam belajar.
1. Hp

2. Gaya Hidup Yang Menor

3. Pacaran
Istilah anak mudah sekarang katanya kalau nggak punya pacar bukan anak muda namanya ,

sekarang ini manusia dihidangkan dengan hal – hal yang instant atau boleh disebut dengan hidangan Gaya hidup dunia maya atau internet, dunia maya atau internet ini tidak mengenal kalangan yang ia bisa masuku semua dia bisa masuki kita bisa dikalangan profesi pedagan buruh dan mahasiswa Contoh yang paling populer situs sekarang yaitu fecbook, dimana kita bisa lihat 99 % mahasiswa sudah mempunyai fb. Sebagian mahasiswa sudah ketagihan akan kenikmatangnya fb, Apalgi hp menyediakan aplikasi camera. 12 jam hp tidak terlepas dari genggaman si pemiliknya, Tapi jika seseorang mempergunakanya dijalan yang salah maka hancurlah , Sekarang ini Mahasisiwa dihidangkan yang instant – instan contoh misalkan ketika dosen memberikan tugas makalah sebagian mahasiswa megatakan Tenang saja tidak usah Pusing – Pusing sekarang seraba canggih ada mba google apa susahnya sich semua yang dihidangkan ada , dengan mudahnya makalah bisa jadi dalam satu hari ini kemudian diprint kemudian dijilid diserahkan kedosen lalu dipresentasikan dengan metode membaca diberi sampul dengan semenarik mungkin disayangkan sekali, sekarang ini serba canggih jadi semua bisa diprosese dengan sangat cepat tanpa ada usaha membaca buku semua diperoleh dalam bentuk yang instant sama halnya kekita kita mengomsumsi makanan yang instant – instant contoh misalkan mie yang setiap harinya kita konsumsi bisa berbahaya bahkan menimbulkan penyakit sama halnya dengan mengambil makalah di internet bisa berbahaya bagi perkembangan skil mahasiswsa , Sekarang ini budaya membaca sudah bergeser dikalangan sebagian mahasiswa sehingga perkembangan skil mahasiswa sulit untuk berkembang ditambah lagi dengan sulitnya membuat makalah, sebagian mahasiswa tidak tau arah tujuan membuat makalah, Sehingga Mahasiswa ketika membawakan makalah Tentu saja ini sangat merugikan bagi dirinya sendiri dan orang lain, bayangkan betapa banyak biaya yang dikeluarkan oleh orang tuanya mulai bayar kost biaya SPP Uang kulliah belum lagi kebutuhan sehari -hari yang setiap bulan dirimkan uang demi membiayai anaknya agar Anaknya bisa sukses kedepan tapi sayang seribu sayang survei membuktikan Betapa Banyaknya Mahasiswa Yang banyak pengangguran setelah Kulliah ada apa dengan dengan fenomena semua ini apa yang salah, apakah metodenya dalam kulliah

Yang Harus dicapai Setelah Kulliah.
Perhatikanlah petunjuk
Kesuksesan berada digenggaman kita semua
Butuh waktu dan usaha tenaga hingga akhirnya ada digenggaman kita,
Pada hakikatnya Manusia yang diciptakan dimuka bumi ini sama Rata semua lahir dalam rahim seorang ibu, Sukses atau tidaknya Seseorang ditentukan dengan Usahanya Sendiri jika dia mampu mengelolah waktunya dan Mengisinya dengan hal – hal yang bermanfaat dan pandai pandai mengatur gaya hidupnya

BAB II
Hakekat Mahasiswa

Masalah Mahasiswa

Peran Mahasiswa Dalam Kampus

Peran Mahasiswa bagi Masyarakat.

BAB III
Hakekat Power Point

Pengertian Power Point

Cara Memperoleh Power

Cara Memperoleh Point

Menggalih Bakat Bebicara Tampil Dalam kelas

BAB I V

Pengertian Makalah

Untuk bisa memberikan pemahaman dalam menulis makalah supaya kita tau arah tujuan menulis makalah sesuai dengan pengalaman saya waktu semester satu
Saya akan bercerita dulu sedikit tentang pengalaman saya ketika menulis makalah
Kullliah awal kulliah telah dimulai semester satu ketika itu saya diberi tugas pada salah satu dosen mata kulliah civid edekesen atau pancasila, saya mendapatkan tugas dengan judul Batang tubuh pancasila dan dosen saya berkata jika kamu bisa membawakan makalah lebih baik dari teman kamu dan bisa menampilkan sesuatu yang baru atau berbeda dalam membawakan makalah maka saya berjanji memberikan nilai A pada kamu saya tunggu minggu depan , kemudian saya menjawabnya dengan senyuman dan menjawab pasti aku pasti bisa dengan semangatnya yang mengkobar kobar dlam hati akupun kemudian pergi keperpustakaan untuk mencari buku dengan harapan bisa menemukan referensi namun sayang seribu sayang buku yang aku butuhkan tidak ada semua rak buku aku sudah periksa diperpus namun tak kunjunjung aku dapatkan dengan seharian diperpus namun hasil yang aku dapatkan nihil disaat itu aku sudah lelah namun aku tak patah semangat aku hubungi kaka kelas yang mempunyai buku untuk aku pinjam namun tidak ada hasilnya lagi nihil lagi sama seperti ketiak aku mencari buku diperpus Ada seorang memberikan solusi kepada Aku dengan berkata cari saja diinternet pasti apa yang kamu cari ada namun aku pun mencari dinternet bahan makalah aku tapi ada yang beda ketika aku membaca dari internet aku sulit untuk mengambil bahan dari mana aku harus memulai karna semua sudah tersedia akhirnya aku mengambil keputusan untuk membaut makalah sendiri dengan berkata ini bukan usaha terakhir masih ada cara yang lain kemudian aku pergi diperpustakaan pusat aku keliling keling kota dengan naik angkot untuk mencari perpustakaan tidak mudah untuk mencari perpustakaan yang aku inginkan karna aku orang baru yang tidak tau sama sekali arah jalan akupun bertanya tanya kepada orang – orang yang ada diangkot kemudian akupun diberi petunjuk dari seorang wanita yang baik hati bahkan dia membayarkan angkotku lalu mengantarkan aku keperpus naik ojek dan membayarkan sewa ojek aku sungguh wanita yang baik hati, sesampainya aku diperpus aku merasa senang sekali dilayani dengan baik dan buku yang sangat banyak akhirnya Aku mendapatkan buku yang aku butuhkan untuk referensi makalah aku sayangnya bukunya tidak boleh dipinjam hanya boleh dibaca untunglah penjaga perpustakaanya mengizinkan aku untuk memfotocopynya dengan perasaan yang sangat senang karna buku yang aku cari ada ditangan aku ,ku buka daftar isinya bab pertama kutemukan apa yang aku inginkan
Dengan tak terasa aku lupa makan dengan semangatnya aku menegerjakan tugasku kuketi sedikit demi sedikit sambil menambah kata kata makalah akupun jadi 15 lembar suatu perjuangan panjang bagi aku makalah aku jadi setelah dua hari sebelum mempersentasekan makalah tahap aku selanjutnya yaitu memahaminya berulang ulang kali aku membacanya akhirnya kumenemukan garis garis besarnya dan akupun mencoba menjelaskanya namun ada yang kurang ketika aku menjelaskan akan teringat kata kata dosen buat sesutu yang baru hal yang berbeda yang belum pernah dilakukan oleh pemakalah pemakalah sesudahnya kubuka program – program leptop aku akhirnya ku menemukan Aplikasi Power ponit 2007 disaat itupula aku mencoba mengetik didalam kolonya akhirnya jadilah tulisan aku yang memuat 9 hedled aku tidak menyangka makalah jadi dalam bentuk power point, waktu terus berjalan hingga waktunya tiba aku mempertasekan makalah aku , bangun sholat subuh dengan semangat yang mengelora dalam hati aku jam lima aku sudah tinggalkan rumah perjalanan ku diringi embung pagi menyapa ku dengan memberikan semangat pagi satu jam dalam perjalanan menuju kampus akhirnya lewat jam 6 pagi aku sampai dikampus disambut dengan tukang sapu halaman rumah yang memberikan senyuman setengah jam lagi aku masuk jantungku bergetar getar entah ada apa geranagn mungkin aku ini namanya deman tampil berbicara dalam kelas kutarik nafas sedikit demi sedikit akupun mulai melagkahkan kakiku untuk mencari LC di tidak semudah apa yang aku bayangkan rencana aku pun diuji dimana LCDinya tidak ada tapi aku terus menrus mencari tanpa putus asa lantai satu sampai lanntai dua kubuka pintu pintu kantor dosen lalu aku hubungi dosen dosen untuk meminjam LC DI , Akhirnya Aku MENDAPATKAN LCDNYA dari salah satu dosen disaat itu aku mulai menarik nafas dan sudah legah kupasang LCDIKU sebelum dosen datang akhirnya jadi dengan pancaran silau tulisan aku ditembok yang power point aku sudah kubuat tadi malam akhinya jadi Juga dosen pun datang dan teman teman sudah duduk manis ingin mendengarkan makalah aku situasi yang sangat gugup campur haru melihat hasil aku dosenpun memberikan semangat dengan berkata seperti ini yang aku cari membaut power point dan berkata kayanya janji aku harus bayar kekamu kemudian aku Cuma tersenyum malu dan gugup dan akupunn disuruh menjelaskanya dengan menarik nafas 2 sedalam dalamanya dan menghembuskanya kelaur kumulai pembukaan dengan suara perlahan tak terasa waktu mempersentasekan telah selesai akupun diberi tepuk tangan sesi pertanyaan telah dibuka aku kemudian disuguhkan 5 pertanyaan dan alhamdulilah aku bisa meenjawabnya dengan berbekal apa yang pernah aku baca yang pertanyaanya hebat hebat karna yang memberikan pertanyaan lebih tua dari aku dan pemahaman mereka tentang pancasila lebih dikuasai dan akhirnya aku bisa menjawab pertanyaan tersebut
Masuk enam bulan perkulihan semester satu telah berakhir dan memasuki final atau UAS PANACASILA aku tidak belajar semlam karna aku fokus pada hapalan hadis ,setelah aku melihat soal soal UAS YANG dihidangkan 10 nomor yang aku bisa jawab hanya 3 nomor di anatara 10 soal kebangyakan soal pasal- pasal aku pasrah apapun hasilnya nanti aku harus terima mau nilai b atau c tidak masalah buat aku satu pelajaran buat aku karna aku lebih fokus pada satu pelajaran yaitu hapalan hadis setelah dua minggu UAS nilai pun dimunculkan aku tidak sangka ternyata aku mendapatkan Nilai A PADA mata kulliah pancasila ternyata dosen tidak menilai pada hasil UASNYA tapi dia melihat pada saat mahasiswa mempersentasekan

Membuat Makalah Yang Baik dan Benar
Masuk semester pertama
Meninggalkan masa sma telah selesai kini saatnya

pertengahan